PROFESIONALISME GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN

  1. A. Latar Belakang Masalah

Tugas utama guru adalah “mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik…” Demikian bunyi pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen.[1] Batasan tugas guru tersebut menunjukkan bahwa sosok guru memiliki peran strategis dalam proses pendidikan, bahkan sumber daya pendidikan lain yang memadai seringkali kurang berarti jika tidak disertai dengan guru yang profesional. Dengan kata lain, guru merupakan kunci sukses dan ujung tombak dalam upaya meningkatkan layanan dan hasil pendidikan.[2]


[1] Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen

[2] Muchlas Samani, dkk., Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia, (Surabaya: SIC Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia, 2006), h. 8; Suryati Sidharto, Pendidikan di Negara Berkembang Suatu Tinjauan Komparatif, (Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989), h. 100.

Guru sebagai komponen yang menempati posisi utama dan penting memang harus diakui dan tidak dapat disangkal. Untuk menunjang aktifitas belajar mengajar guru haruslah profesonalisme terhadap tugas yang diemban. Dengan kata lain profesionalisme guru dapat mempengaruhi aktivitas pembelajaran. Profesionalisme guru dalam pembelajaran menjadikan guru mengajar dengan sukses.

Perlu dipahami bahwa kriteria utama untuk mengajar dengan sukses ialah apakah mengajar itu berhasil atau tidak. Sukses atau tidaknya mengajar ditentukan oleh hasil dalam aktifitas belajar mengajar. Guru di nilai berhasil jika mampu mengubah siswa ke arah yang lebih baik, atau dengan kata lain menjadi siswa yang cerdas dan salah satu yang dapat kita lihat pada guru yang berhasil adalah mampu menciptakan suasana yang kondusif  dalam aktifitas mengajar.

Pada dasarnya seorang guru yang profesional bukan hanya mengajar atau menyampaikan macam-macam ilmu pengetahuan tetapi juga melaksanakan tugas mendidik maka calon guru harus dipersiapkan melalui pendidikan profesionalisme di lembaga pendidikan guru.

Kemampuan profesional guru amatlah penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Titik berat perundang-undangan pendidikan diletakkan pada mutu setiap jenjang dan jenis pendidikan, tetapi hal ini tidak mungkin tercapai apabila tidak disertai usaha dari guru itu sendiri untuk senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar.

Kewajiban guru dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya tidak hanya berguna bagi dirinya, tetapi mempunyai makna yang positif bagi kualitas pendidikan pada umumnya. Usaha apapun yang dilaksanakan dalam bidang pendidikan akhirnya adalah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana tertera pada UU No. 23 tahun 2003.  Atas dasar tujuan UU tersebut maka tanggung jawab guru amatlah berat dan tidak semudah apa yang diucapkan, sebab guru adalah pendidik kader-kader bangsa yang serba unik dan kompleks. Dikatakan unik sebab setiap anak didik memiliki perbedaan satu sama lain baik secara naluriah maupun dari segi jasmaniahnya. Dikatakan kompleks sebab pendidikan ditujukan pada pembentukan kepribadian secara utuh yang mencakup semua aspek kehidupan.

Kendati guru adalah kunci pokok dalam pembelajaran, tetapi ini bukan berarti dalam proses pembelajaran tersebut hanya guru yang aktif, sedang peserta didik pasif. Pembelajaran menuntut keaktifan kedua pihak yang sama-sama menjadi subjek pembelajaran. Pembelajaran yang hanya ditandai oleh keaktifan guru sedang peserta didik hanya pasif, pada hakikatnya disebut mengajar. Demikian pula bila pembelajaran hanya ditandai oleh keaktifan peserta didik saja, dan tanpa melibatkan keaktifan guru untuk mengembangkan dan mengelolanya secara baik dan terarah, maka hanya disebut belajar. Jadi, pembelajaran itu merupakan perpaduan aktivitas mengajar dan belajar. Agar terwujud pembelajaran yang melibatkan keaktifan guru dan peserta didik maka guru harus mampu melakukan pembelajaran secara profesional.

MATERI SELENGKAPNYA…SILAHKAN HUBUNGI 085216914216

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: